Cara Efektif Menyemai Biji Alpukat, Agar Cepat Tunas

Cara Efektif Menyemai Biji Alpukat

Cara Efektif Menyemai Biji Alpukat, Agar Cepat Tunas


Cara Efektif Menyemai Biji Alpukat, Agar Cepat Tunas 

Cara Efektif Menyemai Biji Alpukat, Agar Cepat Tunas - Menyemai Biji alpukat merupakan langkah awal sebagai bagian dari proses pembibitan pohon alpukat, pada proses ini tentunya merupakan penentu apakah bibit alpukat ini akan berhasil tumbuh dengan baik atau tidak, perlu di ingat bahwa bibit yang baik akan menghasilkan kualitas pohon yang berkualitas, serta bagi anda yang merupakan penjual bibit alpukat hal ini memang benar perlu di pelajari.

Pada tahap ini pemilihan bibit alpukat memang harus selektif, kita harus tau bagaimana kualitas biji alpukat yang harus di tanam,jangan sampai biji yang di tanam berjamur itu saya pastikan akan gagal tunas.

Pada dasarnya untuk menyemai biji alpukat dapat menggunakan jenis alpukat apa saja, karena nantinya kita juga akan mengokulasi bibit alpukat dengan indukan yang sudah berbuah, pada tahap awal ini kita akan belajar Cara Efektif Menyemai Biji Alpukat dengan beberapa langkah berikut ini : 
  

1. Siapkan Lahan 

Tahap pertama adalah perlunya mempersiapkan lahan penyemaian biji alpukat yang kering dan tidak terkena matahari langsung yang dapat menyebabkan biji menjadi kering dan gagal tunas, bersihkan dan gemburkan tanah agar dapat membantu memudahkan akar untuk terus berkembang. 

ada baiknya jika lahan yang akan kita gunakan jauh dari jangkauan anak anak atau hewan yang dapat merusak area penyemaian, jangan lupa pula gunakan pagar sebagai alat bantu pengamanan area. 

2. Bersihkan Biji Alpukat

Biasanya jika kita membeli biji alpukat dari pengepul tidaklah semua dibersikan saat kita membelinya, kita masih harus mencuci dan membuang kulit ari biji alpukat yang berwarna hitam, usahakan pilih dengan selektip biji yang tidak layak di tanam untuk di buang saja, biji itu memiliki ciri keriput dan sudah berjamur atau busuk, biji tersebut biasanya akan gagal tunas, dan parahnya lagi jamur yang ada dibiji akan mengkontaminasi biji sehat lainya.

3. Pupuk Kohe Kambing

Setelah lahan dan biji alpukat sudah dipastikan siap untuk di semai, maka taburkanlah kohe kambing atau sapi yang sudah kering ke lahan dengan di aduk secara merata. 

Kohe kambing yang basah akan mengeluarkan gas yang merangsang tumbuhnya jamur pada biji alpukat yang menyebabkan pembusukan biji, Kemudian susun biji alpukat dengan benar seperti gambar di atas yang telah saya contohkan.
 

4. Siapkan Plastik Hitam

Langkah ini merupakan langkah terakhir Menyemai Biji Alpukat, silakan tutup lahan dengan plastik berwarna hitam setelah proses 1,2,3 selesai dan tunggu kurang lebih 1 minggu maka akan tumbuh tunas kecil sekitar 1 sampai 2cm kemudian pindahkan ke polybag dengan tempat yang teduh. 


Kesimpulan

Lakukanlah proses Menyemai Biji Alpukat di atas dengan baik dan benar agar mengurangi kegagalan dalam proses pembibitan, masih ada langkah berikutnya yang akan saya bahas mendatang pada artikel terbaru, semoga tulisan saya kali ini dapat bermanfaat Terimakasih, sampai jumpa kembali. :) 


LihatTutupKomentar