Dosis Pupuk Npk Mutiara Untuk Tanaman Alpukat : Tips Sukses Petani Alpukat

Dosis Pupuk

Dosis Pupuk Npk Mutiara Untuk Tanaman Alpukat. 

Dosis Pupuk Npk Mutiara Untuk Tanaman Alpukat - Memupuk dan merawat tanaman alpukat dari biji sampai berbuah merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh petani alpukat untuk mendapat hasil yang maximal dan memuaskan. 

Pada dasarnya pemupukan pohon alpukat dapat di mulai dari kecil dengan rentan usia 1 bulan setelah di tanam.

Ya bibit yang bagus adalah dengan cara di stek dengan tunas yang berkualitas. 

Pada masa pembibitan petani wajib mengetahui dan memilih bibit yang baik ini di karenakan akan menentukan untuk jangka panjang saat tiba waktu berbuah. 

Bibit yang jelek hanya akan merugikan petani dan membuang waktu saja. 

Untuk perawatan pemupukan bisa dimulai menggunakan pupuk organik seperti kohe kambing, sapi dan ayam atau kohe hewan lainya. 

Pada usia 5 bulan sampai seterusnya barulah kita menggunakan pupuk kimia seperti NPK mutiara, itupun jangan terlalu banyak, ingat gunakan pupuk kimia ini hanya untuk tambaham gizi bukan pupuk utama. 

Dosis 

Dosis untuk 1 pohon dengan usia 5 bulan cukup 1 sampai 2 sendok saja itupun diberikan hanya 2 atau 3 bulan sekali selama masa pertumbuhan, usakah menabur pupuk ini dengan jarak 0,5 sampai 1m dari batang agar batang utama tidak busuk, agak repot jika batang sudah busuk pasti akan mati.

Manfaat

Pupuk Npk mutiara sendiri memiliki kandungan nitrogen, fospor dan kalium yang bermanfaat untuk proses pertumbuhan daun, batang dan akar jika pemupukan dilakukan dengan cara yang benar. 

Saya sendiri lebih memilih pembuahan untuk menggunakan pupuk organik seperti kohe ayam.

Mengapa kohe ayam? Pada dasarnya ayam adalah unggas yang memakan biji bijian dan buah buahan, pada konsep pupuk organik maka yang berasal dari biji, buah, rumput akan kembali pada asalnya. 

Kesimpulan 

Dosis yang baik tentunya akan membuat pohon alpukat mendapat asupan gizi yang sesuai dan seimbang sesuai kebutuhanya, terlebih pupuk Npk mutiara ini adalah jenis pupuk kimia yang dapat merusak apabila salah dalam memberikan dosisnya. 

Sekian artikel tentang dosis pupuk npk mutiara ini saya buat semoga dapat bermanfaat. Amin
LihatTutupKomentar